Kamis, 14 November 2013

Manajemen Pemasaran, Ini Pengertiannya Menurut Ahli

By Henry L Powell  |  November 14, 2013 No comments

Manajemen Pemasaran, Ini Pengertiannya Menurut Ahli

Image source: http://manajemen-pemasaran.com/pengertianmanajemen/pengertianmanajemen2/pengertian-manajemen-Strategic-Planning-for-Project-Management.jpg

Manajemen Pemasaran - Sebelum kita melangkah menyampaikan statement tentang pengertian Manajemen Pemasaran, alangkah baiknya terlebih dahulu kita jajak apa itu pemasaran ?
Berbagai upaya dalam hal marketing harus dijalani sehingga tidak makin tenggelam dalam persaingan karena makin banyaknya kompetitor dari ketika ke ketika.

Persaingan dari kompetitor yang makin ketat membuat aktivitas peningkatan skala produksi tak lagi dipandang sebagai kasus utama apabila dibandingkan beserta aktivitas pemasaran barang atau jasa yang didapatkan.

Bisa dikatakan, keberhasilan dalam pemasaran ialah kunci kesuksesan dari suatu entitas bisnis atau perusahaan.

manajemen pemasaran

Aktivitas pemasaran mempunyai nilai yang positif baik dilihat dari sisi produsen maupun dari sudut pandang konsumen.
Dari pihak konsumen, kegiatan pemasaran produk dipandang sebagai aktivitas yang mampu memperlihatkan berbagai cara lain pemuas suatu kebutuhan, sehingga nilai dari kepuasan itu sendiri meningkat.

Dari sudut pandang produsen barang atau jasa, kegiatan pemasaran ialah aktivitas untuk meningkatkan pelayanan yang lebih untuk memenuhi kebutuhan para customer.

Jadi, pemasaran semestinya bukanlah sekedar berkaitan beserta hanya kepentingan seorang produsen saja tetapi juga kepentingan para konsumen.

Aktivitas pemasaran ialah keliru satu aktivitas pokok yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus menjaga kelangsungan hidupnya serta berkembang ke skala yang lebih besar lagi.

Arti kata pemasaran umumnya sering disalah-artikan beserta definisi penjualan, perdagangan serta distribusi.

Padahal istilah itu hanyalah satu bagian dari kegiatan pemasaran secara menyeluruh !

Proses kegiatan pemasaran dimulai jauh hari sebelum barang atau jasa diproduksi serta tidak selesai (berakhir) beserta hanya penjualan, tetapi bagaimana semua kegiatan tersebut mampu menyampaikan suatu kepuasan yang ddibutuhkan oleh konsumen.

Pengertian Manajemen Pemasaran
Baiklah kini simak pengertian pemasaran berdasarkan para ahli berikut untuk menambah referensi
American Marketing Association

Pemasaran ialah proses perencanaan serta melaksanakan konsep, promosi, harga serta distribusi beberapa ilham, barang atau jasa guna menghasilkan pertukaran yang mampu memuaskan tujiuan individu serta organisassi.
Philip Kotler

Pemasaran merupakan proses sosial serta managerial dimana didalamnya tiap individu serta organisasi memperoleh apa yang dibutuhkan serta diinginkan beserta menghasilkan, memperlihatkan serta menukarkan produk serta jasa yang memiliki nilai beserta pihak lainnya.

Pengertian Pemasaran diatas sesuai kepada inti dari konsep pemasaran yang terdiri dari needs (kebutuhan), wants (harapan), demands (permintaan), produk (barang, jasa serta ilham), value, cost, serta kepuasan, relationship & network, pasar, pertukaran serta transaksi, serta pemasar serta prospek kedepan.
Inti dari konsep pemasaran tersebut beroperasi didalam lingkungan yang berkembang secara terus menerus sebagai dampak dari kondisi sosial yang terus berubah serta juga dibatasi oleh sumber daya dari perusahaaan itu sendiri serta peraturan yang ada.

Suatu perubahan lingkungan bagi pemasaran mampu menjadi tantangan baru yang membutuhkan tanggapan serta problem solving (pemecahan kasus) yang baru juga

Ataupun bahkan sebaliknya mampu menjadi peluang untuk pengembangan perjuangan.

Berhubungan beserta hal tadi, diharapkan suatu keahlian yang mampu membedakan serta menjalankan aktivitas pemasaran dalam penyesuaian diri beserta lingkungan yang berubah.

Aktivitas pemasaran haruslah dikelola serta dikoordinasikan beserta langkah yang sempurna

Maka timbullah istilah MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen Pemasaran ialah proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanan serta pengawasan suatu program yang memiliki tujuan untuk membangun pertukaran denga pasar yang ditujukan yang berujung kepada pencapaian tujuan perusahaan.

Fokus manajemen pemasaran diletakkan kepada penawaran perusahaan dalam pemenuhan kebutuhan serta harapan dari pasar tersebut serta penentuan harga, mengadakan komunikasi serta distribusi yang efisien serta efektif untuk memberi-tahu, mendorong juga melayani pasar.
Jadi, Manajemen Pemasaran dapat dirumuskan:

Suatu proses manajemen yang meliputi kegiatan pengananalisa, perencanan, pelaksanaan serta pengawasan aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan.

Aktivitas ini memiliki tujuan untuk membangun pertukaran yang diharapkan, apakah itu menyangkut barang atau jasa ataupun sesuatu hal yang lain yang mampu memenuhi kebutuhan baik secara psikologis, sosial maupun kebudayaan.
Proses pertukaran ini mampu ditimbulkan oleh penjual ataupun oleh pembeli yang menyampaikan keuntungan bagi kedua pihak. penentuan dalam produk, promosi, harga serta daerah untuk memperoleh tanggapan yang efektif disesuaikan dengn konduite konsumen,

Dan juga sebaliknya, sikap serta juga konduite konsumen terpengaruhi beserta sedemikian rupa sampai menjadi sesuai beserta barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga :
strategi pemasaran

Author: Henry L Powell

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 Comments:

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2014 manajemen dan manajer Blogger. WP themonic converted by Bloggertheme9. Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
TOP